Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Tips Membeli Mobil Bekas, Jangan Lupakan Brand

Mobil bekas
Sumber :

100kpj – Banyak alasan yang mendasari orang untuk membeli mobil dengan status bekas atau seken. Salah satunya tentu dengan iming-iming harga yang lebih murah dibanding saat harus membeli mobil dengan status baru. Namun pilihan tersebut ada konsekuensinya. Tak hati-hati, justru akan menguras kantong Anda.

Hati-hati ini diperlukan terlebih saat Anda memutuskan untuk membeli mobil bekas di kota-kota besar seperti Jakarta. Selain tingkat kemacetan yang tinggi, kota seperti Jakarta yang rawan banjir tentu menuntut kewaspadaan lebih. Jangan sampai dari luar terlihat mulus padahal mobil bekas korban banjir.

Untuk menghindari hal yang tak diinginkan, alangkah baiknya jika Anda sedikit meluangkan waktu untuk membaca 5 tips mudah membeli mobil bekas dari redaksi 100kpj yang dihimpun dari berbagai sumber.

Ilustrasi mobil bekas


Berikut 5 tips penting saat ingin membeli mobil bekas:

1. Model atau ukuran mobil
Jika Anda memang mencari mobil hanya untuk rutinitas kerja sehari-hari tentu pilihan mobil kecil harus menjadi pertimbangan pertama. Namun jika tujuannya untuk mendukung kegiatan keluarga tentu perlu mobil yang kapasitasnya lebih besar, entah itu mobil keluarga MPV ataupun SUV.

Selain itu, jika memang untuk jalanan perkotaan, tentu pertimbangan city car atau mungkin sedan lebih dibutuhkan. Namun jika untuk perjalanan luar kota dengan kondisi jalan yang tak terduga SUV tentu lebih mumpuni.

2. Brand
Satu hal yang juga sangat penting adalah mempertimbangkan brand dari mobil yang akan Anda beli. Salah satu alasannya tentu karena faktor nilai jual yang lebih stabil dibandingkan brand yang kurang punya nama.

Untuk di Indonesia sendiri, beberapa brand yang dianggap telah punya nama diantaranya Toyota, Daihatsu, Mitsubishi, dan Nissan. Empat brand ini pantas ditempatkan di deretan teratas.

3. Interior mobil
Tak dipungkiri interior mobil menjadi salah satu pertimbangan karena akan mempengaruhi kenyamanan saat berkendara. Selain itu, pastikan bahwa fitur-fitur dan teknologi yang ada di dalam kabin berfungsi dengan baik tanpa masalah apapun. Yang juga pantas menjadi catatan, tentu semakin komplet teknologi atau fitur yang ditawarkan akan semakin menambah tingkat kenyamanan dalam berkendara.

4.Eksterior mobil
Selain interior, hal penting yang harus dipertimbangkan saat ingin membeli mobil bekas tentu tampilan eksteriornya. Selain desain yang menjadi bawaan pabrik, Anda juga harus waspada dengan beberapa 'tipuan' yang dilakukan penjual mobil. Jangan sampai hanya keliatan mulus padahal kondisinya sudah cacat.

Hal itu sangat penting mengingat saat ini banyak cara tipuan untuk menutupi cacat atau kekurangan mobil. Contohnya dengan banyaknya dempul yang disematkan pada mobil untuk menutupi bekas penyok.

5. Perhatikan mekanikal dan kelistrikan mobil
Mekanikal dan sistem kelistrikan mobil juga harus dipastikan berfungsi dengan baik. Hal ini sangat perlu karena jika tak berhati-hati, Anda justru akan disibukan dengan banyaknya perbaikan.

Pastikan komponen mekanikal dan kelistrikan seperti mesin, alternator, aki dan ban dalam kondisi masih bagus. Kalau perlu, Anda mencoba untuk meminta waktu untuk mencoba langsung mobil dalam waktu tertentu. Semua itu tentu akan memastikan kondisi mobil dalam  keadaan 'sehat wal afiat'.
Berita Terkait
hitlog-analytic