Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Mudah Merawat Jok Motor Biar Enggak Cepat Pecah-pecah

Jok motor
Sumber :

100kpj – Supaya nyaman saat diduduki, jok sepeda motor umumnya dilapisi kulit terluar. Bahan yang digunakan pun beragam, tapi pada dasarnya terbagi menjadi tiga jenis, yakni kulit sintetis, domba, dan kulit sapi. Nah dari ketiganya, kulit sintetis merupakan bahan yang paling banyak dipakai, namun juga menjadi yang paling cepat alami kerusakan.

Lantas, bagaimana cara merawat jok sintetis pada sepeda motor agar lebih awet dan tidak mudah pecah-pecah?

Dilansir dari laman resmi Suzuki, Rabu 27 November 2019, perawatan kulit sintetis sebenarnya tidak terlalu sulit. Kalian cukup menggunakan lotion khusus kulit jok yang saat ini sudah banyak dijual di punggir jalan. Lakukan hal tersebut secara rutin, minimal satu hingga dua bulan sekali.

Lotion khusus jok diperlukan, sebab kulit sintetis mudah sekali kering. Ketika permukaannya sudah kering, maka akan mulai terlihat pecah-pecah. Pemakaian lotion dilakukan supaya lapisan kulit tetap lembab dan lentur, sehingga tidak mudah retak ataupun pecah-pecah.

Kalian juga harus tahu, bahwa kulit sintetis butuh kelembaban supaya polyurethan di dalamnya tidak kering. Polyurethan adalah sejenis karet yang biasa digunakan sebagai bahan utama kulit sintetis.

Bagaimana dengan yang berbahan kulit hewan?

Berita Terkait
hitlog-analytic