Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kenapa Mobil Lebih Bertenaga Jika Dibawa Malam atau Pagi Buta?

Ilustrasi setir mobil.
Sumber :

100kpj – Ada sesuatu yang kerap berbeda jika kita mengendarai mobil di waktu tengah malam, atau pagi buta. Ini acap dirasakan banyak pengguna mobil. Yakni, mobil seakan lebih bertenaga dan memberikan respons yang lebih baik.

Apakah ini hanya sekadar perasaan, atau sebenarnya memang demikian? Rupanya seperti dikutip Paultan, Senin 18 November 2019, ini memang benar adanya. Bahwa mengemudi tengah malam atau pagi buta memang membuat mobil lebih bertenaga dari biasanya.

Tetapi bagaimana penjelasan teknik berkenaan dengan hal ini? Seperti diketahui mesin bekerja karena ledakan di ruang bakar yang menyebabkan piston berputar (crankshaft), kemudian memutar tenaga ke gearbox dan akhirnya ke roda untuk menggerakkan mobil.

Untuk mendapatkan ledakan, diperlukan tiga elemen - udara, bahan bakar (dalam konteks ini, khususnya, kita bicara tentang bensin), serta percikan dari busi. Bensin tidak dapat meledak sendiri tanpa dua elemen lainnya, dan elemen utama yang dibutuhkan bensin dari udara untuk meledak adalah oksigen - semakin banyak oksigen, semakin banyak ledakan yang dihasilkannya.

Secara teoritis, ketika suhu rendah oksigen di udara tinggi; inilah sebabnya mesin Anda akan terasa lebih energik saat berkendara di malam hari, di pagi hari dan di cuaca dingin. Tidak hanya karena kekuatan, tingkat konsumsi bahan bakar juga lebih efisien dan ekonomis jika Anda berkendara di masa-masa ini.

Secara teori inilah mengapa mesin yang disuplai dengan turbocharger diberikan unit intercooler. Dengan intercooler, udara yang dihirup dari turbocharger dapat didinginkan terlebih dahulu untuk meningkatkan kandungan oksigen di udara sebelum memasuki ruang bakar.

Nah, sekarang sudah jelas bukan, mengapa mesin Anda terasa lebih 'keren' jika dikendarai di malam hari atau pagi buta, bahkan di cuaca dingin. Namun hingga kini kita masih mencari penjelasan mengapa mesin terasa lebih bertenaga setelah kita mencuci mobil. Ditunggu artikel selanjutnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic