Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Trik Mudah Bikin Motor Injeksi Tak Gampang Rusak

Skutik 150cc Honda.
Sumber :

100kpj – Motor jenis injeksi merupakan kuda besi yang tengah jadi primadona di banyak negara. Motor dengan jenis ini banyak dipilih lantaran dipercaya lebih bertenaga dan lebih irit konsumsi bahan bakar.

Dibandingkan dengan jenis motor yang masih menggunakan sistem bahan bakar karburator, motor matik injeksi memang sedikit lebih rumit karena sistem suplai bensinnya diatur oleh komponen elektronika.

Nah, meski terbilang modern dan lebih canggih, motor injeksi juga perlu mendapat pengoperasian yang benar. Hal ini perlu dilakukan agar selalu tetap prima. Karena salah-salah pengoperasian, motor bisa jadi gampang rusak.

Lantas, seperti apa cara operasikan skutik injeksi yang tepat? Berikut seperti dikutip dari situs resmi Honda, Senin 18 November 2019.

Pertama, saat kendarai motor matik injeksi tidak dianjurkan terlalu sering memainkan kecepatan laju motor dengan mendadak.

Naikkan gas secara berlahan begitupula ketika hendak menurunkan kecepatannya. Selalu perhatikan ketersediaan bahan bakar jangan sampai mengalami kekosongan karena akan beresiko macet dan sedikit lebih sulit ketika pertama kali menghidupkan mesinnya.

Pemeriksaan kondisi oli adalah mutlak, jangan sampai kurang atau sudah melebihi masa pemakaian. Periksa oli mesin dan oli transmisi jangan sampai terjadi limit ataupun kering, lakukan pergantian oli secara berkala, gunakan oli terbaik standart motor matic injeksi yang dianjurkan pabrik pembuatnya.

Berikutnya yaitu memeriksa kondisi Aki dan Busi merupakan hal paling riskan karena motor matic injeksi syarat dengan komponen elektronik dan memerlukan sumber daya listrik yang harus selalu terjaga dengan baik.

Yang paling penting adalah servis secara rutin di bengkel resmi untuk melaporkan segala keluhan serta perawatan pada bagian bagian yang vital seperti V-belt, roller, bearing serta komponen pendukung lainnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic