Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Bercat Doff Lebih Gampang Pudar, Mitos atau Fakta?

Suzuki Nex
Sumber :

100kpj – Saat ini banyak pabrikan yang menghadirkan motor bukan cuma dengan skema cat glossy. Sebab mereka turut menghadirkan motor dengan cat doff.

Saking diminatinya, motor dengan cat doff sendiri di Indonesia memiliki harga sedikit lebih mahal ketimbang motor dengan cat biasa.

Namun tidak diketahui banyak orang, ternyata ada fakta menarik soal motor dengan cat doff. Di mana motor dengan cat ini justru lebih cepat pudar warnanya ketimbang motor dengan cat glossy.

Hal ini seperti dikutip situs resmi Suzuki, Minggu 10 November 2019. Menurut Suzuki, cat jenis doff memiliki entitas kepudaran dua kali lebih cepat ketimbang motor dengan cat jenis metalik. Oleh sebab itu penggunaan detergen pada saat mencuci motor bercat doff sangat patut dihindari.

Memang sangat dibutuhkan ekstra perawatan yang baik dan benar untuk tetap menjaga penampilan bodi si motor kesayangan Anda. Apalagi sifat asam yang dimiliki detergen bisa membuat cat pudar lebih cepat.

Menurut Suzuki, motor dengan jenis cat doff secara umum tidak terlapisi pernis sehingga memang mudah pudar. Maka dari itu perlakuan terhadap komponen motor bercat doff tidak boleh sembarangan. Salah dalam pemakaian bahan poles semisalnya, yang ada cat malah akan jadi halus mengkilap dan tidak doff lagi.

Maka itu sebaiknya, pilih dan pakai sabun cuci motor yang memiliki PH yang netral. Pakailah sabun cuci khusus kendaraan.

Berita Terkait
hitlog-analytic