Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Port Charger di Motor Tersiram Air Hujan, Apa Bahayanya?

Port Charger Motor
Sumber :

100kpj – Mobilitas masyarakat yang tinggi membuat mereka tak bisa jauh dari ponselnya. Itulah mengapa, banyak pabrikan sepeda motor berinisiatif melengkapi kendaraannya dengan soket pengisian daya atau kerap disebut port charger.

Kendati ada sebagian motor yang menempatkan fitur tersebut di balik dudukan, namun kebanyakan port charger terletak di bagian terluar kendaraan, yakni di dekat setang kemudi. Lantas saat tersiram air hujan, benarkah bisa memicu korsleting dan berpengaruh pada komponen kelistrikan lain?

Pemilik bengkel sekaligus toko aksesori Kings Motor di bilangan Bekasi Barat, Krisyanto menyebut, rusak atau tidaknya port charger saat tersiram air hujan, tergantung seberapa banyak volume air yang mengenainya. Jika hanya cipratan saja, bisa dipastikan aman.

“Berbeda kalau sampai terendam, pasti langsung terjadi korsleting,” ujarnya saat disambangi 100KPJ, Kamis 7 November 2019.

“Tapi biasanya kan komponen itu (port charger) udah dilengkapi katup yang bisa menutup lobang (slot USB) dari siraman air. Jadi asal ditutup sempurna, aman-aman aja,” sambungnya.

Port Charger Motor
Berita Terkait
hitlog-analytic