Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lakukan Balancing Ban di Motor Harian, Pentingkah?

Balancing ban motor
Sumber :

100kpj – Saat ini masih jarang pengendara yang melakukan balancing pada pelek motor yang digunakan setiap hari. Padahal, balancing pelek motor yang dipakai harian itu sebenarnya cukup penting.

Seperti dilansir situs resmi Suzuki Indonesia, balancing ban itu sangat penting, terutama buat untuk sepeda motor yang sudah menggunakan pelek lebar.. Bahkan, sangat dianjurkan untuk motor sport dan matic 150 cc, 250 cc atau motor gede.

Jika tidak melakukan balance,  ban motor pada kecepatan rendah sampai sedang memang tidak akan terlalu terasa masalahnya. Nah, masalah baru terasa saat sepeda motor dipacu dengan kecepatan tinggi, ban akan terasa kurang stabil dan bergetar, sehingga berkendara menjadi kurang nyaman.

Ban motor.


Lalu, apa bedanya balancing ban motor dengan ban mobil? Pada prinsipnya, balancing ban motor tidak jauh beda dengan balancing ban mobil. Sedikit perbedaannya adalah balancing ban motor  yang biasa dilakukan adalah Static, artinya hanya di satu titik saja, yaitu titik keseimbangani.

Sedangkan mobil karena peleknya lebih lebar, umumnya balancingnya Dynamic, yang berarti lebar pelek juga diperhitungkan. Ketika balancing, ban motor akan dimasukkan ke dalam alat yang bernama balancer.

Hebatnya alat ini adalah mampu menunjukkan di titik mana ban harus diseimbangkan. Setelah ketemu titik keseimbangan, mekanik akan memberi timah sesuai dengan gram yang dibutuhkan. Pecahan timahnya beragam, mulai dari 5 gram sampai 20 gram, sesuai kebutuhan.
Berita Terkait
hitlog-analytic