Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Motor Sering Diajak ke Jalan Rusak, Ini Komponen Gampang Bermasalah

Bengkel Motor
Sumber :

100kpj – Salah satu hal yang paling dihindari pemilik kendaraan adalah jalan rusak. Karena bukan cuma mengganggu kenyamanan, namun juga berpotensi merusak kendaraan.

Jalan rusak sendiri diketahui terjadi akibat banyak hal, salah satunya tergerus oleh air hujan hingga acap dilalui kendaraan dengan muatan berlebih. Lantas, untuk sepeda motor, komponen apa saja yang mudah rusak akibat sering melalui jalan rusak?

Seperti dikutip Federal, Senin 4 November 2019, ada beberapa komponen yang rentan bermasalah, apalagi jika frekuensi terkena lubang cukup sering.

Komponen pertama, yakni ban. Di dalam ban terdapat serat-serat terbuat dari logam, yang jika kena benturan serat-serat itu berubah bentuk atau berpindah dari tempat semestinya. Akibatnya, ban akan menjadi benjol.

Kedua, yakni pelek. Komponen ini menjadi ”pelapis kedua” setelah ban. Jika benturan terlalu keras, kemungkinan pelek pecah atau penyok cukup besar pada pelek racing. Sementara Untuk pelek jari-jari, biasanya bengkok dan harus disetel ulang.

Ketiga, bearing atau laher roda. Komponen ini hanya menerima beban putaran ban. Jika kena tekanan akibat benturan, beban akan bertambah dan menyebabkan aus. Alhasil, putaran ban terasa ”oblak”.

Keempat, suspensi. Sil atau karet penyumbat cairan akan lebih cepat bocor dari usia seharusnya. As suspensi juga bisa bengkok. Jika as suspensi bengkok maka peredaman bisa kurang atau bisa berdampak suspensi akan macet.

Kelima, komstir. Sama halnya dengan bearing. Masalahnya, komponen ini bukan berfungsi sebagai getaran kejut meski letaknya ada pada bagian setang. Jika gerak kejutnya terlampau besar dan sering, komponen ini akan aus dan oblak.

Keenam, baut-baut. Biasanya yang terpasang pada bodi, karena torsi (tekanan baut) tidak terlalu kencang. (re2)

Berita Terkait
hitlog-analytic