Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Trik Gampang Bedakan Bensin Oplosan, Cukup Celupkan Jari

BBM bensin eceran.
Sumber :
Ist

100kpj – Terkadang ada momen di mana pengendara tidak mengisi bahan bakar kendaraannya di SPBU. Alasannya, malas mengantre hingga jauh dari posisinya saat itu.

Maka salah satu alternatif yang acap dipilih adalah mengisi kendaraan dengan bensin eceran. Padahal, tak semua penjual bensin eceran jujur. Sebab ada juga oknum yang mengoplos bensin demi meraup keuntungan berlebih.

Lantas, adakah sebenarnya trik untuk membedakan mana bensin asli dan mana yang sudah dioplos? Federal rupanya membagi trik, seperti dikutip Rabu 30 Oktober 2019.

Disebutkan, ada beberapa ciri mudah dibedakan antara bensin asli dan oplosan. Pertama ada pada warna. Bensin oplosan umumnya berwarna tidak pekat dan cenderung lebih bening. Ini disebabkan sudah ada campuran zat lain di dalamnya.

Trik kedua yang bisa diterapkan, Anda bisa mencelupkan jari ke dalam bensin. Tak usah terlalu dalam, cukup satu ruas jari saja. Setelah itu, diamkan selama satu menit, apakah bensin tersebut menguap dengan cepat? Ataukah masih ada sisa yang menempel di jari?

Kalau masih ada sisa yang menempel di permukaan jari, dapat dipastikan itu adalah bensin oplosan. Cara terakhir, Anda bisa menggunakan koran bekas.

Ya, cukup celupkan koran bekas ke dalam bensin yang terindikasi dioplos oleh penjual. Jika koran tersebut luntur, maka dapat dipastikan itu adalah bensin oplosan.

Intinya, bensin bebas oplosan tentu sangat penting buat kesehatan mesin. Jika itu tidak terpenuhi, maka bukan tidak mungkin kendaraan Anda bakal cepat rusak.

Berita Terkait
hitlog-analytic