Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Apa Kelebihan Motor Matik Pakai Suspensi Tabung?

Suspensi tabung
Sumber :

100kpj – Suspensi tabung atau sering disebut subtank belakangan marak digunakan para pemilik skuter matik. Selain untuk meningkatkan nilai estetis pada kendaraan, penggunaan komponen tersebut dipercaya mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara saat melaju di lintasan berundak.

Berbeda dengan jenis single tube di mana oli dan udara berada di ruang yang sama, suspensi subtank memiliki ruang sendiri untuk memisahkan keduanya—udara tersekat di bagian subtank, sedang oli berada di tabung utama. 

Helm bawaan Honda ADV 150 berupa TRX-3.

Itulah mengapa, suspensi tabung diklaim mampu meredam getaran ketika motor melalui kondisi jalan bergelombang, dan memberikan traksi lebih baik saat menikung. Lantas demikian, apakah fungsinya bekerja maksimal saat dipasangkan pada skuter matik?

Pemilik bengkel sekaligus toko aksesori Kings Motor di bilangan Bekasi Barat, Krisyanto menyebut, perlu tidaknya memasang subtank di skuter matik sebenarnya perkara kebutuhan sang pemilik. Hal tersebut mengacu pada fungsi kendaraan serta kondisi medan yang sering dilintasi.

“Kalau masih dipakai untuk penggunaan biasa, sebenarnya enggak perlu pakai subtank. Kecuali kalau kondisi jalannya rusak, banyak batu, mungkin bakal ngebantu,” ujarnya saat disambangi 100KPJ, belum lama ini.

“Tapi balik lagi, ini kan soal pilihan. Bisa aja yang pasang cuma pingin nambah keren tampilan motor, kan gak ada salahnya? Jadi misal ditanya ‘perlu atau nggak’, jawabannya tergantung untuk keperluan apa. Tampilan atau fungsi,” sambungnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic