Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Pajangan, Ternyata Ini Fungsi Utama Sirip Hiu di Mobil

Shark Fin
Sumber :

100kpj – Apabila memperhatikan bagian atap mobil, biasanya kita menemukan komponen berbentuk sirip hiu yang terpasang tak jauh dari kaca belakang. Kendati secara estetis tampilan kendaraan menjadi lebih menawan, namun rupanya peranti bernama shark fin tersebut menyimpan satu fungsi utama yang belum diketahui banyak kalangan.

Dilansir Coastal Hyundai, Senin 21 Oktober 2019, shark fin sejatinya adalah antena yang berfungsi untuk menangkap sinyal seperti data selular, radio, serta Global Positioning System (GPS). Sinyal tersebut kemudian dikonversikan ke dalam headunit yang tersedia pada ruang kabin kendaraan.

Shark Fin

Antena shark fin dilengkapi dengan modul dasar berukuran 16mm, yang dirancang sesuai dengan tingkat kelengkungan atap kendaraan.

Modul tersebut dihubungkan dengan head unit melalui kabel konektor, guna menyalurkan gelombang Satellite Digital Audio Radio Service (SDARS), GPS, Advance Mobile Phone Services (AMPS), dan juga Personal Communication Service (PCS). Berkat keberadaan shark fin, proses penangkapan sinyal tentu menjadi lebih baik.

Alasan Berbentuk Sirip Hiu

Sebenarnya, tak ada alasan pasti mengapa komponen penangkap sinyal tersebut dirancang menyerupai sirip hiu. Sebab awalnya, shark fin dibuat melengkung untuk meningkatkan gaya aerodinamika pada kendaraan.

Berita Terkait
hitlog-analytic