Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Jadinya Kalau Skutik Sering Telat Ganti Oli Gardan

Mengganti oli gardan pada skutik.
Sumber :

100kpj – Motor skutik adalah jenis kuda besi yang banyak dipilih konsumen di Tanah Air. Alasannya ada pada kemudahan pengoperasian.

Namun meski mudah digunakan, bukan berarti perawatan diabaikan. Sebab pada skutik ada dua jenis oli yang mesti diperhatikan keberadaannya. Satu ada pada oli mesin, satunya lagi adalah oli gardan atau oli transmisi.

Terkadang masih banyak pemilik motor yang melupakan oli gardan. Periode penggantion oli gardan memang lebih lama dibandingkan ganti oli mesin. Di mana oli gardan interval penggantiannya dilakukan tiap 8000 km sekali.

Ganti Oli Gardan


Apakah jika sering telat mengganti oli gardan? Seperti dikutip Federal, Selasa 15 Oktober 2019, jika Anda sering telat mengganti oli gardan dalam waktu yang cukup lama, akan berdampak kerusakan pada gear rationya.

Biasanya kerusakan tersebut diawali dengan adanya suara kasar dari dalam boks CVT motor matic. Suara kasar yang timbul akibat oli transmisi tidak bisa bekerja secara maksimal, karena kekentalan olinya sudah berkurang sehingga akan menimbulkan gesekan antar komponen.

Bagaimana, masih mau telat ganti oli gardan?
Berita Terkait
hitlog-analytic