Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Langkah-langkah Ganti Oli Gardan di Rumah, Tak Perlu ke Bengkel

Ganti Oli Gardan
Sumber :

100kpj – Bagi pengguna skuter matik, selain rutin mengganti oli mesin, mereka juga berkewajiban mengganti pelumas transmisi atau sering disebut garden. Soal interval waktu, banyak kalangan menyebut oli gardan harus diganti setelah menyentuh 10 ribu kilometer perjalanan.

Melansir laman Federal, seperti dikutip Senin 14 Oktober 2019, masih banyak kalangan yang menggunakan jasa bengkel setiap kali mengganti oli gardan di skuter matiknya. Padahal mereka bisa melakukannya sendiri di rumah dengan mengikuti beberapa panduan yang belaku. Apa saja? Berikut hasil rangkumannya.

Pertama dan yang terpenting adalah siapkan oli gardannya terlebih dahulu. Jika sudah ada, siapkan juga beberapa perkakas bongkar seperti kunci Y dan juga T dengan ukuran masing-masing 12. Nantinya, dua kunci tersebut digunakan untuk membuka sejumlah baut di sekitar boks CVT.

Tetapi, sebelum mulai membuka komponen tersebut dengan kunci Y dan T yang telah disiapkan barusan, pastikan motor sudah terparkir dalam keadaan sejajar atau menggunakan standar ganda di permukaan yang datar. Hal ini dilakukan, agar proses pengurasan oli di mesin jauh lebih mudah.

Di boks transmisi, ada dua jenis baut yakni out dan in. Baut out untuk membuka lobang tempat oli gardan lama dikeluarkan atau kuras, sedang baut in untuk membuka lobang tempat pengisian ulang pelumas. Jadi, pastikan baut out lebih dulu dibuka untuk mengeluarkan seluruh oli gardan, kemudian kalau sudah, tutup kembali dengan rapat.

Berita Terkait
hitlog-analytic