Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Kebiasaan Salah Pemotor Matik, Dijamin Bikin Cepat Rusak

Pengendara sepeda motor.
Sumber :

100kpj – Saat ini motor jenis matik kian digandrungi masyarakat. Alasannya, motor jenis ini tak repot digunakan.

Meski begitu, bukan berarti penggunaannya sembarangan. Sebab ada juga beberapa trik menggunakannya agar kondisi tetap awet dan onderdilnya tak cepat aus.

Menurut situs resmi Honda, sebenarnya ada lima kebiasaan salah pemotor matik yang bikin cepat rusak. Apa saja? Berikut seperti dikutip 100KPJ, Rabu 25 September 2019.

Pertama adalah kebiasaan gas dan rem secara asal. Seperti diketahui, menggunakan motor matik tak boleh dilakukan sembarang gas kemudian rem. Karena bisa bikin komponennya lebih cepat haus.

Apalagi jika sesaat gaspol langsung seketika rem mendadak pakai rem belakang. Dijamin, motor matik Anda gampang rusak.

Kebiasaan salah kedua adalah buka gas terlalu dalam saat motor tengah menanjak. Padahal cara yang tepat adalah membuka gas secara urut alias bertahap. Kalau ini juga rutin Anda lakukan, silakan cek seberapa lama usia motor matik Anda.

Ketiga yakni menarik gas sambil mengerem. Kebiasaan ini acap dilakukan ketika motor tengah berada di kemacetan. Yakni pengendara motor matik sering menahan gas sambil melakukan penarikan tuas rem. Hal tersebut tentunya menjadikan kampas kopling menjadi cepat habis berputar terus ketika gas ditarik.

Keempat adalah tarik rem belakang saat jalanan turun. Sebenarnya saat kondisi demikian, prioritaskan dulu rem depan saat jalanan menurun, Pemakaian rem bisa menahan daya dorong motor motor yang semakin besar ke depan sewaktu jalan menurun. Selanjutnya ikuti pemakaian rem belakang supaya motor tetap seimbang.

Terakhir atau kelima, yakni jarang ganti oli gardan. Penggantian pada oli mesin, oli transmisi, busi dan filter udara seharusnya dikerjakan secara rutin. Pada oli transmisi ada baiknya diganti setiap jarak tempuh dengan kelipatan 8.000 km.

Oli transmisi tujuannya agar dapat melindungi gesekan dan menjaga kinerja stabilitas kinerja komponen pada transmisi.

Berita Terkait
hitlog-analytic