Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penting! Besi di Belakang Jok Motor Bukan untuk Pegangan Penumpang

Ilustrasi Bonceng Motor
Sumber :

100kpj – Hampir semua sepeda motor, terutama bebek dan matik, dibekali handle besi atau behel di jok bagian belakang. Keberadaannya itu, selalu difungsikan sebagai pegangan penumpang yang enggan melingkarkan tangan ke tubuh pengendara.

Sayangnya, anggapan itu rupanya keliru. Menurut  Direktur Safety Defensive Consultant Indonesia atau SDCI, Sony Susmana, menaruh tangan dan berpegangan di behel motor sebenarnya sangat tak disarankan. Sebab, saat tunggangan itu dipacu kencang, ada potensi penumpang terjengkang.

Maka, kata Sony, sikap paling aman yang bisa dilakukan penumpang, adalah dengan meletakkan kedua tangan di atas paha, atau memeluk tubuh sang pengendara. Hal itu, tambahnya, membuat penumpang lebih aman dan tetap berada di posisi seharusnya.

“Memang paling disarankan itu, menaruh tangan di paha sendiri, atau pinggang pengendara. Selain itu berbahaya, termasuk pegangan ke besi bagian belakang,” kata Sony kepada 100KPJ, baru-baru ini.

Salah satu alasan mengapa memegang behel motor disebut berbahaya, adalah karena pengendara jadi kehilangan fleksibilitasnya. Ketika penumpang meletakkan tangannya di behel, maka ada tumpuan ekstra di bagian belakang, sehingga menyulitkan pengendara bermanuver di jalanan.

Berita Terkait
hitlog-analytic