Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Murah dan Mudah Menghilangkan Baret di Kaca Mobil

Ilustrasi setir mobil.
Sumber :

100kpjKaca mobil memiliki peran penting, yang tak bisa disepelekan bila mengalami masalah. Walaupun hanya goresan, karena bisa mengganggu penglihatan pengemudi ketika berkendara.

Salah satu faktor penyebab terjadinya baret pada kaca mobil adalah wiper. Saat wiper membersihkan debu atau pasir, lupa memberi air.

Alhasil, goresan-goresan kecil terjadi pada kaca. Terlebih kalau karet wiper sudah mengeras sehingga membuat fungsinya sudah tidak lagi maksimal.

Lalu bagaimana solusi untuk menghilangkan baret di kaca? Sebagaimana dilansir Suzuki Indonesia, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan di rumah dan tak perlu biaya mahal.

1. Memakai kompon mobil

Kompon bisa Anda beli dengan mudah di bengkel atau toko perlengkapan mobil. Tapi ingat, kita bisa menggunakannya hanya untuk menghilangkan baret yang tergolong ringan saja. Caranya oleskan kompon pada bagian kaca mobil yang baret, kemudian digosok secara perlahan memakai kain lembut.

Satu hal yang harus diingat, penggunaan kompon ini ada kekurangannya. Karena terbuat dari oil based maka bisa menyebabkan kaca menjadi buram ketika terkena air hujan. Namun,  hal ini cuma akan berlangsung beberapa hari saja, dan setelahnya kaca mobil akan kembali bersih dan bening.



2. Memakai Cerium Oxide

Cerium Oxide adalah salah satu bubuk poles yang fungsinya adalah untuk membersihkan kaca dan membuatnya semakin mengkilap. Bubuk poles ini ternyata juga bisa kita pakai untuk menghilangkan baret kaca mobil. 

Caranya, bersihkan bagian kaca mobil yang baret dari debu dan kotoran lain, lalu amplas kaca sampai lapisannya menjadi rata. Yang penting diperhatikan saat mengaplikasikannya adalah pastikan kaca mobil dalam kondisi basah untuk meminimalisir gesekan ketika proses pengamplasan kaca. Setelahnya, bersihkan kaca dan tunggu sampai kondisi kaca mengering.

Selanjutnya adalah pembuatan campuran poles kaca yang terdiri dari Cerium Oxide yang sudah dicampur dengan air sampai bentuknya tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer. Bagian pinggiran kaca sebaiknya dikasih alas koran terlebih dahulu supaya tidak terkena campuran ini.

Setelahnya, poles kaca yang baret memakai campuran ini dengan alat pemoles atau kain yang lembut. Gosokkan sedikit ditekan supaya cairan bisa masuk ke dalam kaca dan mengikis baret atau goresan, lalu bersihkan sisa cairan poles tersebut dengan kain lembut dan bersih.
 
Berita Terkait
hitlog-analytic