Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Peneliti: Naik Motor Sambil Dengar Musik Bagus Buat Otak

Earphone dan Motor
Sumber :

100kpj – Di beberapa negara, terutama di kawasan Eropa, mengendarai sepeda motor sambil mengenakan earphone atau perangkat musik lain, dicap sebagai perbuatan ilegal. 

Sedang di Indonesia, kendati belum ada regulasi tegas yang mengaturnya, namun kegiatan tersebut juga tak disarankan. Sebab, pengendara yang asik mendengarkan musik di atas motor, tak bisa menangkap bebunyian lain. Misalnya, suara klakson dari kendaraan di arah belakang, maupun suara lain yang mungkin bisa jadi penanda atau peringatan bahaya.

Tetapi, sebuah penelitian membongkar satu fakta baru yang mengejutkan. Seorang ahli psikologis asal Brisbane, Australia, Sharon Ledger mengatakan bahwa penggunaan earphone saat mengendarai motor bisa berdampak baik, tergantung jenis atau aliran musik apa yang diputar sang pengendara.

“Ketika musik berputar dan alunannya masuk ke dalam telinga, maka ada beberapa area di otak yang terbuka dan membuatnya lebih aktif dan responsif terhadap suatu hal. Tapi tentu, tergantung jenis musiknya,” ujar Ledger, seperti dikutip Motorbikewriter, Kamis 12 September 2019.

“Musik dengan ketukan cepat, bisa mengaktifkan conscious (kesadaran) di otak seseorang. Sementara kalau lambat, bisa mengurangi kemampuan reaksi dan respon pengendara di atas sepeda motor,” tambahnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic