Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Parkir Mobil Tanpa Tergores

Mobil warna putih.
Sumber :

100kpj – Risiko mobil tergores bukan cuma terjadi saat kendaraan melaju kencang saja. Sebab pada saat parkir, mobil pun berpotensi mengalami tergores.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena senggolan dengan mobil lain, dinding, atau objek-objek bermaterial keras.

Maka itu, supaya mobil tak mengalami goresan saat parkir, perlu diketahui tips-tipsnya. Setidaknya ada lima tips panduan yang perlu diperhatikan saat memarkir kendaraan dikutip Astraworld, Rabu 4 September 2019.

Pertama, lihat tanda-tanda batas parkir. Biasanya berupa garis berwarna putih. Usahakan menempatkan mobil berada di tengah-tengah batas yang tersedia, tidak terlalu mepet ke kiri atau ke kanan.

Ilustrasi setir mobil.


Kedua, hindari parkir mobil yang dekat dengan area pejalan kaki lalu lalang, untuk menghindari baret yang disebabkan orang lewat yang iseng ataupun tergores barang bawaan dari orang yang melintas. 

Ketiga, hati-hati terhadap batas parkir yang terbuat dari beton. Perhatikan ketinggian dan posisinya. Jangan sampai pembatas itu menyentuh atau bahkan merusak komponen pada kolong mobil kita. Poin ini sangat penting, terutama untuk mobil yang ground clearance (jarak terendah dari permukaan jalan) sangat pendek.

Ilustrasi mobil bekas


Keempat, perhatikan jarak dan posisi dengan mobil atau kendaraan yang sebelumnya sudah terparkir di sekeliling mobil kita. Usahakan tersedia ruang yang cukup aman jika pintu mobil dibuka.

Kelima, setelah yakin posisinya di tengah dan tersedia jarak aman, pastikan mobil terkunci dan lipat spion agar lebih terhindar dari kemungkinan tersenggol mobil lain ataupun orang yang melintas di samping mobil.
Berita Terkait
hitlog-analytic