Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dua Tanda yang Bikin Kamu Harus Segera Ganti Helm

Helm motor

100kpj – Pemakaian helm adalah hal yang wajib bagi pengendara motor, sebab ini menjadi satu-satunya pelindung kepala Anda. Namun, Anda juga harus memperhatikan kondisi helm itu sendiri, sebab ada hal-hal yang bikin helm harus segera diganti.

Salah satu contohnya, helmnya yang sudah jatuh maupun terbentur benda keras, masih saja digunakan untuk berkendara. Padahal, Executive Director RSV Helmet, Richard Ryan, mengatakan helm tersebut sudah tak layak dipakai.

"Pas helm itu jatuh, kan enggak pernah tahu kerusakannya separah apa. Terus nanti saat dipakai lagi, enggak ketawan helm ini masih nyaman atau enggak dan perlindungannya seperti apa," ujarnya, seperti dilansir VIVA.

RSV Helmet


Setidaknya ada dua hal yang lain yang jadi acuan Anda harus segera ganti helm. Pertama, ada retakan pada body ataupun visor (kaca) helm. Retakan tersebut, membuat benda bulat itu tidak bisa melindungi kepala dengan sempurna.

Yang kedua, jika sudah ada kerusakan pada bagian tali pengunci (strap helmet). Banyak pengendara sepeda motor yang kurang peduli dengan kondisi tali pengunci, padahal itu adalah hal sangat penting.

"Makanya kalau ada rusak, macet, atau bahkan karat, ganti helmnya bukan cuma talinya. Ganti strap tidak disarankan, karena tali ini ada standarnya. Jadi enggak cuma asal pasang saja," ucapnya.
Berita Terkait
hitlog-analytic