Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Mengendarai Mobil di Bulan Puasa, Wajib Tahu Jam Rawan

Ilustrasi pengemudi mobil lelah saat berpuasa
Sumber :

100kpjMengendarai mobil saat bulan puasa tentu ada tantangan tersendiri, karena biasanya emosi tidak bisa terkendali karena kondisi perut yang kosong.

Kondisi jalan saat bulau puasa cendrung lebih longgar pada jam-jam tertentu, namun menjelang berbuka puasa jalanan lebih semrawut karena aktifitas ngabuburit. 

Mengingat kondisi jalanan lebih padat di sore hari, tidak menutup kemungkinan adanya gesekan antara pengguna jalan, baik itu pengendara mobil atau pemotor yang sedang berpuasa. Lalu apa yang perlu dilakukan pengendara saat berpuasa?

Rifat Sungkar sebagai pegiat safety driving sempat mengatakan, ada penurunan kosentrasi saat mengendarai mobil dalam keadaan puasa. Karena psikologis pengemudi saat kekurangan air, dan makanan situasinya berbeda.

"Teorinya gini kalau kita lagi berada di dalam situasi yang water levelnya diatas 80 persen pasti bakal punya kosentrasi yang bagus,” ujar pembalap reli teresebut beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut dia menjelaskan, bahwa di dalam mobil yang harus dipertahankan ketika berkendara ada dua hal penting. Yang pertama kondisi oksigen, dan level air di dalam tubuh, keduanya berperan penting mempengaruhi pengemudi. 

Sementara menurut mantan Dokter Umum Rumah Sakit Pertamina Jaya, Daniel Bramantyo sempat mengatakan, orang yang menjalani puasa lebih mudah terpancing emosi terutama mereka yang berkendara.

Berita Terkait
hitlog-analytic