Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Biarkan Velg Motor sampai Penyok, Sangat Fatal Akibatnya

Velg Vespa Primavera S

100kpj –  Velg motor menjadi salah satu komponen penting pada sepeda motor, karena berfungsi untuk menerima berat dan semua beban (gaya) yang ditimbulkan oleh kondisi jalan. Maka itu, sangat berbahaya jika velg motor mengalami penyok.

Dilansir 100KPJ dari Wahana Honda, Selasa 12 Maret 2024, pelek yang ang tidak memiliki cacat bisa menjamin kelancaran berkendara . Sayangnya, sama seperti komponen lain pada umumnya, pelek motor juga rawan mengalami kerusakan jika menerima beban dan tekanan besar.

Velg bisa rusak bukan semata karena kecelakaan, tetapi bisa juga karena benturan yang cukup keras atau menghajar lubang jalan dengan kecepatan tinggi bisa langsung merusak pelek motor. Baik itu pelek depan atau belakang.

Tips perawatan velg motor jari-jari

Tingkat kerusakan akibat benturan bisa sangat bervariasi tergantung dari jenis peleknya. Umumnya, pelek yang ada pada sepeda motor terbaru khususnya motor matik telah menggunakan pelek berjenis Cast Wheel yang tidak akan patah, tapi bisa memar dan penyok akibat benturam.

Berbeda dengan velg jari-jari alias spoke wheel yang umum dijumpai pada motor bebek, velg cast wheel jauh lebih rigid. Ketika menerima tekanan atau benturan, pelek cast wheel tidak patah, namun mengalami bengkok.

Kebengkokan velg tidak bisa disepelekan karena pertama, seal penahan angin ban sudah rusak dan ban tubeless tidak bisa digunakan lagi. Kedua, pelek bengkok juga berpotensi merusak bearing motor.

Berita Terkait
hitlog-analytic