Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pantangan Mobil Bercat Putih, Dilanggar Dijamin Cepat Menguning

Mobil warna putih.
Sumber :

100kpj – Sepertinya sudah menjadi rahasia umum kalau mobil warna putih sangat riskan dalam hal perawatan. Sebab, kalau salah-salah dalam penanganan, justru cat mobil bisa menguning.

Menurut penggawa Tomi Air Brush, Tomi Gunawan, banyak kasus yang membuat mobil putih menjadi kekuningan. Paling besar karena perawatan.

"Banyak kok kasus mobil yang tahun keluarannya sama, lalu sama-sama warna putih, tapi ada yang sudah kuning duluan dan ada yang belum," kata dia.

Toyota Fortuner.


"Sebenarnya semua balik lagi ke sistem perawatan, lebih baik kalau sudah dirasa kotor lebih baik dicuci agar kotoran tidak melekat yang lama kelamaan mengubah warna aslinya," lanjut Tomi.

Faktor lainnya, ada pada kualitas pernis yang digunakan. Salah-salah pakai pernis, bisa membuat mobil menguning. Ia pun menganjurkan menggunakan pernis kualitas bagus jika ingin melapisi kelir putih agar warna mobil tak jadi menguning.

Polusi Udara

Sementara itu, keterangan lain disampaikan Presiden Direktur Makko Group dan Top Coat Indonesia, Christoper.

Dia mengakui kalau mobil berwarna putih punya banyak kendala yang bisa bikin kuning. Paling minimal adalah titik berwarna kuning di bodi mobil. "Terutama Mercedes-Benz, lebih gampang kuning,” kata dia.

Untuk menghindari mobil putih menjadi kekuning-kuningan, ada cara alami yang bisa dilakukan, yakni harus lebih rajin mencuci mobil. Cara alami lain yang bisa coba ditempuh adalah jangan pernah memarkirkan mobil di luar ruangan.

Mobil warna putih.


"Nah, kalau habis kena hujan langsung buru-buru dicuci lalu keringkan. Sedangkan kalau mobil parkir di luar, embun itu sifatnya jahat, pasti warna putih hancur kalau parkir di luar,” beber Chris.

Mobil warna putih.


Dia bahkan menjamin, jika mobil putih acap dijemur atau diparkir di luar ruangan dengan waktu intensif, cuma butuh waktu enam bulan saja untuk mengubah kelirnya menjadi kekuningan.

"Biang keroknya ada pada polusi udara, yang dikandung oleh air hujan dan debu."

 

(Laporan: Jeffry Yanto Sudibyo)

Berita Terkait
hitlog-analytic