Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Panik, Ini Cara Urus STNK Hilang yang Bukan Atas Nama Sendiri

Ilustrasi STNK

100kpj –  Bagi Anda yang membeli kendaraan bekas yang surat-suratnya masih menggunakan nama dari pemilik sebelumnya dan hilang, jangan panik. Ada beberapa cara yang perlu Anda perhatikan ketika STNK yang bukan atas nama Anda sendiri hilang.

Seperti dilansir dari situs resmi Daihatsu, Rabu 20 Desember 2023, langkah pertama ada menyiapkan dan melengkapi persyaratan pengurusan STNK hilang. Berikut syarat-syarat yang perlu Anda lengkapi.

  • Membuat surat kehilangan SKTLK atau BAP. Surat ini bisa Anda dapatkan di Polsek terdekat domisili Anda.
  • Caranya dengan membuat laporan kehilangan. KTP asli dari pemilik kendaraan sebelumnya apabila kendaraan yang Anda beli belum di balik nama.
  • BPKB asli beserta fotokopiannya sebanyak lima lembar. Namun, apabila kendaraan yang Anda beli tersebut masih dalam masa kredit, Anda bisa meminta fotokopiannya dari pihak leasing tersebut. Lalu legalisir fotokopi BPKB tersebut di Polsek atau Samsat terdekat.
  • Melampirkan surat kuasa dari pemilik KTP kendaraan yang sebelumnya disertai dengan materai Rp10.000. Jika, surat kuasa tersebut tidak bisa Anda buat, Anda bisa membuat surat pernyataan saat melakukan pendaftaran permohonan pengurusan STNK di Samsat.

Kemudian kunjungi kantor Samsat sesuai dengan domisili asal kendaraan yang terdaftar. Lalu lakukan cek fisik kendaraan, hingga mendapatkan surat atau bukti telah melakukan pengecekan fisik, serta nomor rangka dan nomor mesin kendaraan.

Bukti tersebut perlu Anda fotokopi sebagai salah satu syarat pengurusan. Langkah selanjutnya, Anda perlu mengetahui status kendaraan Anda apakah sudah di blokir atau tidak.

STNK Neta V, pajak tahunan

Biasanya kendaraan yang banyak menunggak pajak akan di blokir. Jika kendaraan yang Anda beli, masih ada tunggakan pajak yang belum dibayar, Anda harus menyelesaikan tunggakan tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic