Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

AC Mobil Bikin Konsumsi BBM Lebih Boros, Ini Penjelasan dan Cara Atasinya

AC mobil
Sumber :

100kpj –  AC atau Air Conditioner menjadi hal yang paling penting di sebuah mobil saat ini, sebab menjadi penyejuk dan membuat nyaman saat berkendara. Hanya saja penggunaan AC ini seringkali dianggap menjadi penyebab BBM boros.

Dikutip dari situs resmi Suzuki Indonesia, 14 Desember 2023, menyalakan AC mobil sepanjang perjalanan memang berpotensi membuat konsumsi BBM jadi lebih boros. Apalagi jika Anda menyalakan AC pada suhu yang paling rendah untuk jangka waktu lama.

Saat AC bekerja di suhu yang paling rendah, maka komponen AC harus bekerja jauh lebih keras. Hal ini akan berpengaruh pada konsumsi BBM dan kelamaan menjadi pemicu BBM boros.

Mengatur suhu AC yang tepat saat berkendara di bulan puasa

Perlu diketahui bahwa kinerja AC itu sendiri akan dibebankan pada mesin. Jadi ketika AC bekerja lebih keras maka mesin juga akan bekerja jauh lebih keras. Padahal mesin mendapatkan tenaga untuk bekerja dari bahan bakar.

Berdasarkan data dari situs Energy Star, saat AC mobil dalam kondisi menyala maka akan terjadi konsumsi BBM sebanyak 1,89 hingga 3,7 liter per jam. Nilai ini bisa meningkat saat mobil melaju cepat atau dalam kondisi macet.

Tips Pemakaian AC

Berita Terkait
hitlog-analytic