Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ketahui Ini Bedanya Spooring dan Balancing Serta Biaya Servisnya

Bengkel mobil Daihatsu
Sumber :

100kpj –  Servis rutin memang perlu dilakukan pada kendaraan, agar tetap terjaga keamanan dan kenyamanannya. Pada mobil ada tindakan perawatan, seperti spooring dan balancing memainkan peran utama dalam memastikan kinerja optimal.

Spooring dan balancing bukan sekadar tindakan rutin, tetapi lebih dari itu, keduanya memiliki peran yang berbeda namun saling melengkapi dalam menjaga stabilitas dan kenyamanan berkendara.

Spooring, yang berkaitan dengan penyesuaian sudut roda, dan balancing, yang menyeimbangkan bobot di setiap roda secara bersama-sama. Seperti dikutip Daihatsu Indonesia, ini beda spooring dan balancing.

Beda Spooring dan Balancing

Spooring adalah penyesuaian sudut roda kendaraan. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa roda-roda kendaraan berada dalam posisi yang tepat sesuai dengan spesifikasi pabrikan. Perawatan spooring dilakukan jika Anda mengalami masalah seperti getaran pada setir.

Lalu kesulitan mengendalikan mobil saat berbelok, atau ketidaknyamanan saat melaju di atas kecepatan tertentu. Faktor penyebabnya bisa bermacam-macam, termasuk ban aus atau komponen kaki depan yang rusak.

Di sisi lain, balancing fokus pada distribusi berat di setiap roda. Setiap ban atau roda mobil memiliki bobot yang berbeda, dan balancing diperlukan untuk memastikan bahwa berat di setiap roda seimbang. Proses ini melibatkan penambahan bahan berat, seperti besi kecil atau timah, pada bagian tertentu dari pelek.

Berita Terkait
hitlog-analytic