Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Ban Motor yang Aman dan Cocok di Musim Hujan

Ilustrasi ban motor di musim hujan
Sumber :

100kpj –  Musim hujan sudah melanda beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jabodetabek. Penting bagi para pengendara motor untuk mengecek ban, apakah sudah sesuai dengan kondisi jalanan yang basah karena hujan.

Tingkat kecelakaan saat musim hujan memang cukup tinggi. Sebab adanya aquaplaning, yang mana ban kendaraan melewati permukaan air namun dalam keadaan mengambang atau tidak sepenuhnya menyentuh aspal.

Akibatnya kehilangan kendali dan berujung kecelakaan karena ban motor yang Anda kendarai akan kehilangan traksi atau cengkramannya pada aspal. Berikut tips memilih ban motor yang cocok di saat musim hujan, seperti dilansir Wahana Honda.

Ban Motor Beda Merek

1. Motif Ban

Motif pada ban berguna untuk ‘memecah’ air ketika Anda menerjang genangan akibat hujan. Jadi, motor bisa tetap stabil jika melewati genangan dengan aliran yang tidak terlalu deras. Namun saat melihat ada aliran air yang deras, sebaiknya hindarilah, meski motor Anda memiliki ban dengan Kembangan atau motif rapat.

Soalnya, ada risiko motor terguling dan akhirnya terseret arus. Semakin rapat kembangan, maka semakin tinggi kemampuan ban untuk membuang air yang dilalui di jalan. Dengan demikian, daya cengkram ban terhadap aspal pun bertambah kuat.

Berita Terkait
hitlog-analytic