Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cara Gampang Cek BPKB Asli atau Palsu saat Beli Mobil Bekas

Mobil bekas di Mocarfest 2022
Sumber :

100kpj –  Ada beberapa dokumen yang perlu dicek saat membeli mobil bekas, salah satunya adalah Buku Pemilik Kendaraan Bermotor atau BPKB. Dokumen tersebut berfungsi sebagai bukti kepemilikan kendaraan bermotor.

Selain itu, akan dibutuhkan saat membayar pajak, memperpanjang STNK, dan melakukan transaksi jual beli kendaraan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara cek BPKB asli atau palsu agar tidak tertipu oleh oknum yang menjual mobil bekas dengan BPKB palsu.

Mengutip dari situs resmi Daihatsu Indonesia, Kamis 23 November 2023, pengecekan BPKB bisa dilakukan lewat jalur online. Caranya yakni dengan mengunjungi laman Samsat masing-masing daerah.

BPKB

Untuk wilayah DKI Jakarta, alamatnya yakni samsat-pkb2.jakarta.go.id. Jika BPKB asli, maka sistem akan menampilkan data kendaraan yang sesuai dengan nomor mesin dan nomor rangka yang dimasukkan.

Data tersebut meliputi merek, tipe, tahun pembuatan, warna, dan nomor polisi kendaraan. Sementara itu untuk pemeriksaan secara manual, bisa dengan cara melihat fisik dari BPKB mobil bekas yang dijual.

Ciri-ciri BPKB asli yakni terbuat dari kertas yang berkualitas baik, ada watermark berupa logo Polda dan Samsat, serta terdapat QR Code yang bisa dipindai menggunakan aplikasi Samsat Digital Nasional atau Signal.

Berita Terkait
hitlog-analytic