Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

4 Cara Mudah Atasi Kunci Motor Macet atau Bermasalah

Kunci motor.
Sumber :

100kpj –  Masih banyak motor-motor keluaran terbaru atau yang lama masih menggunakan kunci motor biasa, bukan keyless. Terkadang, terjadi masalah pada kunci motor tersebut, mulai dari susah diputar atau macet.

Penyebab kunci motor macet sesungguhnya sangat beragam. Ada yang terjadi karena pemakaian pengguna yang tidak benar, ada juga yang terjadi karena endapan air masuk ke kontak kunci.

Namun penyebab kunci motor macet yang paling utama adalah kotoran yang masuk ke kontak kunci seperti debu dan tetesan air. Maka itu, saat ini banyak produsen motor yang menggunakan bahan stainless steel pada kontak kunci dan menggunakan penutup kunci.

Namun hal tersebut tidak mengantisipasi secara penuh karena permasalahan kunci macet juga kerap ditemukan pada motor keluaran baru. Seperti dilansir dari Wahana Honda, Selasa 14 November 2023, ada 4 cara mengatasi kunci bermasalah.

1. Tekan Kunci dan Putar Setir

Cara awal untuk mengatasi kunci motor yang tidak bisa diputar adalah dengan menekan kunci motor dan memutar setir ke kiri dan kanan. Hal ini dilakukan untuk mencari celah agar kunci dapat bergerak. Pastikan memutar kunci dan setir sekuat-kuatnya.

2. Pelumas 

Berita Terkait
hitlog-analytic