Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Cek Langsung Bagian Ini Jika Motor Mengalami Kecelakaan

Uji emisi gratis di bengkel motor Honda

100kpj –  Banyak pengendara hanya melihat bagian luar motor saja usai mengalami kecelakaan ringan, seperti bodi motor, lampu, atau setang. Padahal, komponen internal lain sangat mungkin terdampak juga.

Contohnya seperti komstir (komponen setir) motor berpotensi menjadi longgar. Ini cukup mengganggu karena akibatnya, suspensi depan terasa keras dan setang berat. Komstir longgar pada motor berpotensi terjadi setelah kecelakaan.

Ada beberapa tanda komstir mengalami rusak, Seperti dikutip dari Wahana Honda, Selasa 7 November 2023. Selain dari ketidakstabilan ketika berkendara ada 6 ciri lainnya yang bisa diketahui, yakni:

1. Ada Gemertak Keras

Efek stang motor mengalami kerusakan adalah timbulnya suara. Khususnya ketika motor melaju ke jalanan yang bergelombang atau melakukan pengereman secara mendadak. Suara yang timbul ini berbunyi gemeretak yang terdengar keras apalagi ketika mengerem motor.

2. Kaku

Putaran stang menjadi berat saat bermanuver. Handling motor akan terasa kaku dan mengakibatkan pengendara sulit ketika mengarahkan kemudi berbelok.

Berita Terkait
hitlog-analytic