Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Biar Gak Malu-maluin, Ini Tips Melewati Jalan Menanjak Pakai Motor Kopling

Tips motor kopling melewati tanjakan

100kpj – Motor kopling, atau transmisi manual sebagian besar berjenis moped, naked bike, sport fairing, adventure, dan trail. Tentu ada tehnik khusus saat mengendarai motor jenis tersebut, terutama di jalan menanjak.

Jalan menanjak merupakan salah satu kontur yang memerlukan teknik berbeda saat mengendarai motor kopling. Jenis jalan tersebut kerap ditemukan di sejumlah daerah, atau antar provinsi di Indonesia.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora (jaringan diler motor Honda di Jawa Barat), Ludhy Kusuma menjelaskan, dalam keadaan menanjak, sepeda motor akan bekerja lebih berat dengan putaran mesin yang lebih tinggi.

Dalam kondisi putaran mesin yang tinggi, lebih lanjut dia menjelaskan bahwa penggunaan kopling yang terlalu sering atau menggunakan setengah kopling akan membuat part pada bagian kopling cepat habis atau aus.

“Selain itu juga hindari jari yang bersiap di tuas kopling, agar pengendalian stang motor juga lebih maksimal, cukup gunakan saja gas dan rem belakang,” ujar Kusuma dikutip dari keterangannya, Selasa 7 November 2023.

Menurutnya setiap tanjakan selalu pastikan kaki kanan bersiap di rem belakang, agar saat motor berhenti mendadak, alias terjadi kemacetan, motor bisa berhenti dengan stabil, dan tidak akan mundur lagi.

Menggunakan motor kopling, atau transmisi manual memang membutuhkan usaha yang lebih salah agar motor tetap melaju dengan baik tanpa membuat kampas kopling cepat habis, dan tetap nyaman diperjalanan.

Berita Terkait
hitlog-analytic