Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Cara Mencegah Tabrakan Beruntun, Bukan Gegara Apes atau Sial

Kecelakaan beruntun libat ratusan mobil di China
Sumber :

100kpj – Belakangan ini sering terjadi tabrakan beruntun antar pengguna kendaraan, baik di dalam kota, ataupun di jalan Tol. Umumnya kecelakaan yang melibatkan banyak kendaraan tersebut akibat satu kesalahan.

Misalnya, pengendara di depan yang melakukan pengereman mendadak, hingga akhirnya kendaraan lain di belakang dengan jarak yang terlalu dekat ikut berhenti, dan saling menabrak kendaraan lain di depannya.

Kecelakaan beruntun libat ratusan mobil di China

Selain itu ada tujuh kesalahan pengemudi yang menyebabkan kecelakaan beruntun terjadi. Pertama, lane hogger adalah pengemudi yang tidak memperhatikan kecepatan mobil dan melaju pelan di lajur cepat.

Kemudian tidak mau menjaga jarak aman, berkendara di bahu jalan, main ponsel, mengantuk, pindah lajur sembarangan, dan ketujuh melanggar aturan lalu lintas.

Artinya kecelakaan beruntun bukan karena Anda sedang apes, atau sial akibat kesalahan kendaraan di depan. Lantas gimana cara mencegah tabrakan beruntun?

“Kecelakaan beruntun dapat dicegah jika pengendara paham pemicu, dan cara mencegahnya terjadi. Selain itu pastikan kondisi mobil selalu prima saat berkendara,” ujar Aftersales Business Division Head Auto2000, Nur Imansyah, dikutip dari keterangannya, Jumat 3 November 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic