Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Tanda-tanda Motor Harus Turun Mesin, Salah Satunya Keluar Asap Putih

Bengkel AHASS siaga Mudik
Sumber :

100kpj –  Turun mesin menjadi solusi bagi sepeda motor yang mengalami kerusakan cukup parah. Ada beberapa tanda kerusakan yang memaksa mengambil langkah untuk turun mesin. Turun mesin atau overhaul adalah cara terbaik untuk menyelesaikan beragam masalah yang terdapat pada mesin motor.

Proses overhaul mesin motor ini dilakukan dengan membongkar mesin untuk melihat kondisi berbagai komponen internal. Serta melakukan pembersihan, perbaikan, penggantian komponen mesin yang dinilai sudah aus.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengenali ciri-ciri mesin motor sudah memerlukan overhaul atau turun mesin seperti dibagikan oleh Wahana Honda. Beberapa hal yang dapat diperhatikan seperti:

1. Mesin motor terasa tidak bertenaga saat digunakan. Akselerasi lambat dan sulit mencapai kecepatan tinggi. Hal ini dikarenakan dinding silinder sudah tergores / baret karena minimnya pelumasan. Sehingga kompresi tidak terjadi secara optimal.

2. Keluarnya asap putih dari knalpot. Hal ini menjadi yang paling sering terjadi pada mesin motor akibat minim perawatan. Hal ini dikarenakan oli mesin yang ikut terbakar di ruang bakar mesin. Jika dibiarkan, kondisi ini semakin membuat mesin motor kehilangan performa.

Ilustrasi Knalpot Keluar Asap

3. Setelah motor digunakan dan didiamkan beberapa saat, mesin motor susah di-start kembali. Biasanya hal ini diakibatkan karena oli mesin masuk ke ruang bakar mesin dan membuat busi basah. Hal ini berdampak juga pada masa pakai busi yang tidak panjang.

Berita Terkait
hitlog-analytic