Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

8 Cara Merawat Motor yang Cuma Nganggur di Garasi

Motor skutik bekas di pasaran.
Sumber :

100kpj – Bagi Anda yang memiliki motor tapi jarang digunakan alias tersimpan di garasi saja, harus tahu merawatnya. Sebab, motor tetap perlu mendapatkan perawatan prima. Karena tanpa perawatan akan berpengaruh terhadap mobilitas motor itu sendiri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan motor yang jarang digunakan, seperti dikutip dari Wahana Honda.

1. Apabila motor jarang dipakai usahakan setiap hari dinyalakan (warm up), setidaknya pagi hari antara 5-10 menit. Tujuannya agar baterai terisi (charged) dan oli mesin bersirkulasi.

2. Usahakan menggunakan main stand (standar 2) untuk menjaga keawetan ban dan menjaga bentuk ban agar tetap sempurna, serta untuk menjaga kestabilan shock yang cenderung terbebani di sebelah kiri.

3. Tetap motor terisi bahan bakar secukupnya, agar menghindari bensin terlalu lama mengendap di tangki karena akan mengurangi kualitas bahan bakar.

4. Apabila motor akan tidak digunakan dalam waktu yang lama, disarankan lepas terminal negatif (kabel warna hitam) pada baterai/accu.

5. Khusus untuk motor dengan teknologi smart key system pastikan smart key/remote dalam keadaan non aktif. Hal ini bertujuan untuk agar unit tetap aman dari pencurian (ranmor), dan sinyal dari remote tidak akan terus memancar sehingga akan menghemat baterai remote.

Berita Terkait
hitlog-analytic