Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Hal yang Enggak Boleh Dilakukan Jika Motor Pakai Ban Tubeless

Tips ban tubeless

100kpj – Ada dua jenis ban yang digunakan pada sepeda motor, yaitu tubetype, dan tubeless. Namun saat ini sebagian besar motor keluaran terbaru menggunakan ban tubeless dengan cast wheel, atau velg model palang.

Namun apapun jenisnya, ban komponen penting yang memengaruhi keamanan dan kenyamanan saat berkendara. Yang membedakan hanya perawatan, karena terutama jenis tubeless yang tidak pakai ban dalam.

Tambal ban. Ilustrasi.

Ban tubeless memiliki dinding samping yang lebih kaku dan dirancang untuk menutup erat velg, dan sebagian besar karet bundar jenis tersebut disematkan pada cast wheel, bukan kaleng atau aluminium jari-jari. 

Ban jenis tersebut juga menggunakan pentil khusus, terdapat seal untuk menjaga angin tidak keluar di bagian lubang pentil. 

Untuk mencegah kebocoran udara, ban tubeless dilapisi dengan lapisan khusus yang dapat menutup lubang kecil jika ada paku atau benda tajam lainnya yang menembus permukaan. 

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora sebagai jaringan diler motor Honda, Ade Rohman mengatakan, salah satu keunggulan ban jenis tubeless adalah lebih tahan lama menjaga tekanan angin.

Berita Terkait
hitlog-analytic