Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jika Pengguna Motor Mengalami 4 Masalah Ini, Busi Jadi Penyebab Utamanya

Kenali masalah busi di motor

100kpj – Kendaraan bermotor yang masih mengandalkan mesin pembakaran, tidak akan hidup jika busi sebagai pengantar pengapian ke ruang bakar mati total. Oleh sebab itu, busi memiliki peran yang sangat vital.

Busi berfungsi untuk meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh koil pengapian menjadi percikan api untuk membakar campuran udara, dan bensin di ruang bakar. Sehingga kondisinya perlu dijaga.

Bengkel Honda di Bale Santai

Sub Department Head Techincal Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, seperti komponen motor lainnya, busi juga perlu perhatian, dan perawatan agar kondisi dan kinerjanya tetap optimal. 

“Jika busi dibiarkan dalam kondisi buruk, kinerjanya tidak akan sempurna sehingga mengganggu performa sepeda motor dan mengurangi efisiensi bahan bakar,” ujarnya dikutip dari keterangannya, Rabu 21 Juni 2023.

Tercatat ada 4 masalah jika busi sudah tidak berfungsi secara maksimal. Pertama, mesin sulit dihifupkan, baik menggunakan elektrik starter, atau di engkol.  

Penyebab utama terjadinya hal tersebut karena percikan api yang dihasilkan oleh busi tidak mencukupi untuk memicu pembakaran di dalam mesin. Artinya, itu tanda bahwa busi harus segera diganti. 

Berita Terkait
hitlog-analytic