Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Penyebab dan Solusi Mengatasi CVT Motor Matik Bergetar

CVT motor matik.
Sumber :

100kpj – Pada sepeda motor matik peran CVT atau Continuously Variable Transmission, jadi salah satu bagian paling vital. Nah, jika Anda merasakan adanya getaran pada CVT motornya, maka harus dilakukan pemeriksaan.

Penyebab munculnya getar pada bagian CVT motor matik yang usia pakainya sudah tinggi, biasanya karena ada keausan pada komponen CVT. Biasanya getaran muncul di CVT motor matik pada usia pemakaian tinggi, dan hanya terjadi pada putaran mesin rendah.

CVT Motor Matic

Getar yang muncul di CVT motor matik saat putaran mesin rendah bisa terjadi karena per sentrifugal mulai lemah. Kalau per mulai lemah, saat putaran mesin rendah, maka per tidak dapat mengikat kampas kopling ganda dengan kuat.

Itulah yang membuat kampas kopling ganda turun-naik dan menyebakan munculnya getaran di CVT motor matik. Melansir dari situs resmi Wahana Honda, maka solusi terbaiknya adalah dengan mengganti per sentrifugal yang lemah dengan yang baru.

CVT Motor Matic

Cara mencegah terjadinya selip kopling pada motor matik sebenarnya sederhana. Yaitu membongkar area pulley belakang untuk membuka mangkok kampas ganda, dan bersihkan semua debu yang ada di dalamnya. Bisa juga sedikit mengampelas area kampas ganda, untuk membuang bagian kampas yang mengeras.

Berita Terkait
hitlog-analytic