Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

6 Cara Aman Mengendarai Mobil di Malam Hari, Perlu Ekstra Waspada

Suzuki Baleno
Sumber :

100kpj – Mengendarai mobil di malam hari menuntut si pengemudi untuk lebih waspada terhadap kondisi di sekiling. Sebab, risiko kecelakaan berkendara di malam hari lebih tinggi dibandingkan dengan siang hari.

Selain karena rawan mengantuk, terdapat pula faktor alam dan kondisi jalanan yang mengharuskan pengendara lebih sigap saat berkendara di malam hari bila dibandingkan dengan siang hari. Tentu kesalahan tidak selalu dilakukan oleh pengemudi.

Seringkali justru kita merupakan korban dari kelalaian pengemudi lain. Maka, menjadi penting bagi Anda untuk selalu waspada dan antisipasi lebih terhadap kemungkinan-kemungkinan yang terjadi di jalan terutama saat melakukan perjalanan di malam hari.

Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales, terdapat beberapa kebiasaan yang perlu dilakukan agar perjalanan Anda tetap aman dan nyaman. Mengingat banyak sekali kejadian tidak terduga di jalanan saat malam hari akibat faktor dari kelelahan, kurang fokus, hingga minimnya lampu penerangan.

Berikut tips berkendara di malam hari:

1.Lampu sesuai spesifikasi kendaraan

Lakukanlah pengecekan terhadap bagian lampu agar seluruhnya dapat berfungsi dengan baik. Kemudian, pastikan lampu mobil sudah sesuai dengan standar spesifikasi yang dirancang sesuai dengan kebutuhan kendaraan dan peraturan yang berlaku. Pemakaian warna lampu ini juga sudah diatur dan tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 tahun 2012 pasal 23 yang mewajibkan pemakaian warna yang sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Berita Terkait
hitlog-analytic