Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Gak Mudah! Cara Perawatan Velg Jari-jari Motor yang Benar

Tips perawatan velg motor jari-jari
Sumber :

100kpj - Sepeda motor keluaran terbaru saat ini didominasi menggunakan velg palang, atau cast. Berbeda dengan zaman dahulu, pabrikan masih membuat motor dengan velg spoke alias model jari-jari, baik untuk bebek, atau naked bike.

Namun ada beberapa jenis motor yang sampai saat ini masih diproduksi menggunakan velg jari-jari, seperti trail, adventure, dan beberapa naked yang mengusung gaya klasik karena mengikuti kebutuhan pasar.

Honda CRF150L.

Kedua jenis velg tersebut memiliki kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Cast wheel atau yang akrab disebut velg racing biasanya lebih kuat, dan punya tampilan sporti, tapi jika rusak, atau retak tidak bisa diperbaiki.

Meski cara press, dengan membawanya ke tukang bubut menjadi pilihan terakhir untuk perbaikan. Berbeda dengan velg jari-jari walaupun terkesan jadul, tapi lebih kuat, lebih awet, dan lebih ekonomis.

Selain itu velg dengan bahan dasar alumunium, atau kaleng itu bisa diatur kekencangannya secara berkala, agar penggunanya tetap nyaman, dan selalu dalam kondisi ideal ketika berputar.

Namun kekurangan velg spoke terutama yang terbuat dari besi, atau baja rentan korosi akibat karat, pun dengan jari-jarinya meski ring velg alumunium. Sehingga butuh perawatan ekstra, terutama saat proses pencucian yang lebih rumit.

Berita Terkait
hitlog-analytic