Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hey Ladies, Begini Cara Mudah Cek Oli Motor Biar Gak Telat Ganti

Ganti oli motor
Sumber :

100kpj – Banyak kaum hawa yang tak tahu cara merawat sepeda motor yang benar, termasuk mengganti oli mesin. Sebenarnya, ada cara mudah mengecek oli mesin untuk mengetahui apakah sudah harus ganti atau belum.

Banyak kasus, motor yang kerap dipakai oleh para perempuan mengalami masalah karena kehabisan oli. Apabila hal ini terus menerus terjadi, tentunya motor bisa menjadi rusak.

Oli motor sendiri merupakan komponen penting bagi kendaraan bermotor. Karena ia berfungsi sebagai pelumas yang akan melindungi bagian mesin dari gesekan yang mengakibatkan aus.

Maka itu, begini cara mudah cek oli pada motor, seperti dikutip dari Wahana Honda.

1. Kondisi Motor Harus Rata

Untuk melakukan pengecekan oli motor harus memilih tempat atau lantai yang rata. Ini bertujuan, agar bisa diketahui kondisi permukaan oli secara benar, karena dari permukaan oli tersebut akan diketahui kesejajaran oli yang berada di dalam mesin motor.

Jika oli berada di atas garis , artinya volume oli masih cukup dan bisa digunakan. Jika volume berada di bawah garis, artinya oli motor sudah waktunya ditambah. Apabila motor berada pada permukaan yang tidak rata, bisa menyebabkan permukaan oli motor juga tidak rata. Dan membuat hasil pengecekan jadi tidak akurat.

Berita Terkait
hitlog-analytic