Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Setelah Mudik Pakai Motor, Ada 8 Hal Penting yang Gak Bisa Terlewat

Promo servis motor Honda
Sumber :
DAM

100kpj - Bagi pemudik yang menggunakan motor, perlu memerhatikan 8 hal penting agar kondisi sepeda motor tetap dalam kondisi prima setelah melakukan perjalanan mudik Lebaran 2023.

1. Cuci motor

Dalam perjalanan jarak dekat maupun jauh, bisa saja motor kehujanan, melewati jalanan becek dan berlumpur. Berpotensi kotoran menempel di bodi motor, mesin, suspensi, roda atau bagian lainnya.

Untuk menghindari karat di material logam, seret di komponen bergerak, aspal  yang menempel pada sepeda motor, maka disarankan segera dicuci pakai air bertekanan untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel.

Setelah dibilas menggunakan air, cuci sepeda motor dengan menggunakan sabun khusus, dan proses pengeringan menggunakan lap khusus, lalu melumasi bagian atau komponen yang memerlukan pelumasan.

2. Mengganti oli mesin           

Pada umumnya penggantian pelumas atau oli mesin periodik disarankan untuk melakukan penggantian oli dengan tujuan menjaga performa sepeda motor tetap dalam kondisi prima yang direkomendasikan setiap jarak tempuh sepeda motor mencapai 2.000 - 4.000 km.

Berita Terkait
hitlog-analytic