Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kunci Motor Bermasalah, Begini Cara Menanganinya yang Tepat Biar Gak Rusak

Masalah kunci motor
Sumber :

100kpj – Menghidupkan kendaraan butuh kunci untuk menghantarkan sumber kelistrikan. Saat ini beberapa model sepeda motor sudah mengadopsi kunci pintar, yang tidak perlu memasukkan anak kunci ke lubang.

Pemilik hanya perlu memutar knop layiknya menghidupkan kompor gas, dengan kondisi remot di kantong atau mendekati motor. Namun sebagian besar motor yang beredar masih menggunakan kunci konvensional.

Seperti diketahui ada beberapa kendala yang acap dialami pengguna motor dengan jenis kunci lawas tersebut, mulai dari susah di putar saat kunci setang, atau ingin menghidupkan kontak, dan masih banyak lagi.

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman mengatakan, ada empat masalah yang kerap dialami kunci konvensional, sehingga menyulitkan penggunanya ketika ingin beraktivitas.

Pertama biasanya lubang kunci longgar, hal itu terjadi pada motor-motor yang berumur. Karena sering dipakai sehingga membuat material anak kunci kontak menjadi aus, begitu juga di bagian dalam rumah kunci.

Penyebab lain kunci kontak jadi longgar dan bahkan bisa menyebabkan anak kunci terjatuh saat berkendara karena sering menggabungkan kunci kontak sepeda motor dengan benda lain yang membuatnya lebih berat.

Penyebab lain kunci kontak longgar adalah pernah memasukan benda, atau anak kunci yang bukan pasangannya secara paksa, sehingga lubangnya menjadi longgar, dan anak kunci mudah lepas.

Berita Terkait
hitlog-analytic