Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

5 Gaya Mengemudi Ini Bisa Menghemat BBM Mobil saat Mudik Lebaran

Isi Bensin
Sumber :

100kpj – Banyak pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi untuk pulang ke kampung halamannya pada mudik lebaran 2023 ini. Yang perlu dicatat, para pengendara harus bisa menghemat konsumsi BBM mobilnya agar tidak keluarkan banyak uang untuk beli bensin.

Ternyata, ada beberapa cara mengemudi mobil yang bisa membuat bahan bakar lebih hemat. Akan tetapi, dengan catatan mobil pun harus dalam kondisi prima.

Seperti kondisi mesin, kaki-kaki, bodi hingga eksterior tak ada yang bermasalah. Ini demi mengoptimalkan usaha menghemat bensin. Setidaknya ada 5 tip cara mengemudi yang bisa menghemat bensin, seperti dikutip dari Auto2000:

1. Berangkat Lebih Awal

Sadar atau tidak, cara ini bisa menghemat BBM. Sebab, dengan cara ini Anda tak perlu mengemudi dengan cepat-cepat atau ngebut. Sebab, kecepatan yang dapat diraih karena memiliki waktu lebih awal dalam perjalanan dapat lebih rendah dan konstan.

2. Tak Mengemudi dengan Agresif

Gaya mengemudi yang agresif, takkan membuat efisien bahan bakar lebih baik, belum lagi bisa membahayakan. Seperti ketika di jalan tol yang lengang, jangan tunggu lama hingga mesin "teriak" dan putaran mesin tinggi baru mengoper ke gigi yang lebih tinggi. Jika itu dibiarkan, maka konsumsi bbm akan lebih boros.

Berita Terkait
hitlog-analytic