Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Biar Selamat Sampai Tujuan, Pemudik Wajib Tahu 8 Hal Ini saat Membawa Barang di Mobil

Ilustrasi mobil bawa barang berlebihan saat liburan
Sumber :

100kpj – Umumnya pemudik yang menggunakan mobil pribadi akan membawa barang bawaan yang tergolong banyak, padahal hal tersebut membahayakan.

Senior Instructor dari Safety Defensive Consultant Indonesia, Sony Susmana mengatakan, ada 8 poin yang perlu diperhatikan pemudik saat membawa barang bawaan ke dalam kendaraan pribadi, agar tetap aman, dan nyaman.

Pertama, banyak dari pemilik kendaraan kurang memerhatikan jenis dari mobil itu sendiri, sehingga memaksakan untuk memuat barang berlebihan. Selalu pastikan barang yang dibawa tidak melebihi kapasitas beban maksimal.

Tidak semua kendaraan bisa mengakomodasi barang yang ingin dibawa, meskipun masih ada ruang, karena jika melebihi kapasitas beban maksimal mobil akan bekerja jauh lebih keras.

Kedua, cara yang biasa dilakukan seseorang untuk menambah ruang bagasi adalah menyematkan roof box. Agar tetap aman pengendara harus ingat penambahan ruang tersebut akan menambah dimensi ketinggian mobil.

Dengan begitu mobil tidak bisa menggunakan jalanan dengan atap rendah, hal yang lain yang perlu diperhatikan adalah masukkan barang sesuai dengan ukuran roofbox, dan pastikan tertutup rapat sebelum berjalan.

Ketiga, lokasi penempatan barang yang benar. Selalu pastikan muatan tidak berlebihan, dan sesuai dimensinya, jangan memaksakan memasukkan barang yang melebihi dari ukuran mobiil itu sendiri, karena bisa berbahaya.

Berita Terkait
hitlog-analytic