Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lampu Indikator Engine Motor Terus Menyala, Kenali Penyebabnya

Jenis kerusakan motor dari indikator di speedometer
Sumber :
DAM

100kpj – Pada motor dengan mesin injeksi, biasanya ada lampu indikator check engine atau Malfunction Indicator Lamp (MIL). Biasanya, posisinya ada pada di bagian speedometer.

Lampu indikator check engine ini berfungsi untuk mendeteksi kerusakan motor yang diinformasikan oleh Electronic Control Unit (ECU). Dilansir Wahana, Jumat 3 Maret 2023,ada beberapa indikasi check engine pada motor menyala.

Dan tidak semuanya dapat diartikan sebagai tanda bahwa motor sedang mengalami kerusakan. Bisa jadi hanya ada kerusakan kecil atau socket kabel yang tidak terpasang dengan tepat.

Normalnya ketika mesin kendaraan dinyalakan, check engine akan menyala sekitar dua detik kemudian mati lagi. Jika lampu indikator tersebut terus menyala saat mesin sudah dihidupkan, bisa diindikasikan ada masalah pada motor.

Pada lampu MIL ada beberapa jenis atau tipe ketika indikatornya menyala. Ada yang menyala terus atau panang, ada juga yang hanya berkedip dengan jumlah tertentu. Pada saat berkedip ada jumlah kedipan yang merupakan kode kegagalan, nah melalui indikasi tersebut pemeriksaan dilakukan.

speedometer All New Honda CB150R

Jika menyala dengan berkedip berarti ada suatu kegagalan fungsi komponen kendaraan, bukan berarti rusak. Hal tersebut bisa jadi disebabkan karena ada socket kendor, kabel lepas, atau kabel rusak karena putus, dan indikasi paling terakhir adalah adanya komponen yang rusak.

Berita Terkait
hitlog-analytic