Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Teknik Hentikan Motor saat Rem Blong

Setang dan rem motor.
Sumber :

100kpj – Setiap kendaraan dibekali perangkat keamanan bernama rem, tak terkecuali sepeda motor. Fungsinya, untuk memperlambat kecepatan atau menghentikan gerak roda saat sedang berputar.

Namun, seiring lamanya pemakaian, komponen tersebut rawan mengalami kerusakan. Paling bahayanya, bisa mengakibatkan blong yang tentu meningkatkan risiko bahaya.

Berbahayanya lagi, keblongan pada rem tidak bisa diprediksi sejak awal, alias tanpa memiliki tanda-tanda. Bahkan, menurut General Manager Technical Service Division PT Astra Honda Motor atau AHM, Wedijanto Widarso, hal tersebut bisa terjadi kapan dan di mana saja.

“Enggak bisa diprediksi, karena prinsipnya kan komponen itu bagus, jadi susah dikenali sejak awal,” kata dia kepada 100KPJ di bilangan Jakarta Utara, beberapa waktu lalu.

“Soalnya kan banyak yang naik motor, tangan atau kakinya menempel terus di tuas rem. Akibatnya, rem terus bekerja, jadi panas. Kampas bergesekan terus dengan cakram. Otomatis, cengkramannya melemah,” sambungnya.

Lantaran sering terjadinya kecelakaan akibat rem blong, terutama di lintasan yang menukik turun. Wedijanto memberikan sedikit tips untuk menghindari kemungkinan terjadinya hal tersebut. Salah satunya, dengan menekan dan melepas tuas atau pedal rem secara cepat.

Berita Terkait
hitlog-analytic