Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

3 Penyebab Knalpot Motor Bisa Mengeluarkan Asap Tebal, Harus Waspada

Ilustrasi Knalpot Keluar Asap
Sumber :

100kpj – Di saat knalpot motor mengeluarkan asap tebal, tandanya ada yang tak beres pada komponen mesinnya. Berbeda dengan asap yang keluar dari knalpot motor 2 tak, karena itu merupakan hal yang normal.

Namun tidak demikian dengan motor 4 langkah (4 tak) ataupun motor skutik. Dipastikan kerusakan pada motor tersebut akan bertambah parah dan akan membutuhkan biaya perbaikan yang tak sedikit.

Berikut beberapa penyebab knalpot motor bisa ngebul, seperti dilansir dari Wahana Honda, Sabtu 4 Februari 2023:

1. Gegara Ring Piston

Aus Ring piston di dalam mesin inilah yang mencegah oli mesin pindah ke ruang bakar. Ring piston berfungsi untuk menutup dua bagian mesin, yakni bagian atas silinder sebagai ruang bakar, dengan bagian bawah yang berupa bak mesin.

Ring piston yang telah aus akan membuat oli merembes ke ruang bakar. Oli mesin ini nantinya akan ikut terbakar pada saat motor dihidupkan. Jika hal ini dibiarkan, oli mesin akan cepat habis, mesin terasa kasar, dan juga kehilangan tenaga.

Motor bisa berjalan karena proses pembakaran yang terjadi dalam mesin kendaraan. Seiring berjalannya waktu, kondisi ruang pembakaran akan menjadi lapuk dan berkerak dan lama-lama akan ikut terbakar, sehingga mengeluarkan asap.

Berita Terkait
hitlog-analytic