Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Begini Cara Bikin Motor Lebih Irit BBM, Jangan Asal 'Betot' Gas

Test Ride Honda Vario 125
Sumber :

100kpj – Sepeda motor yang beredar di pasar Indonesia sebagian besar masih menggunakan mesin pembakaran, sehingga membutuhkan bahan bakar minyak (BBM).

Setiap motor yang beredar di Indonesia memiliki spesifikasi berbeda-beda, sehingga efisiensi bahan bakarnya tidak sama. Hal tersebut ditentukan dari kapasitas mesin, bobot kendaraan, hingga teknologi yang disematkan.

Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center

Bukan hanya itu, faktor lain yang memengaruhi konsumsi bahan bakar ditentukan dari gaya berkendara, medan jalan, hingga beban yang diangkut. Lantas seperti apa cara yang ampuh agar motor tetap irit BBM?

Technical Service Departmen, PT Wahana Makmur Sejati sebagai jaringan diler motor Honda di Jakarta-Tangerang, Wahyu Budhi mengatakan, gaya berkendara dan kondisi internal motor mendongkrak keiritan BBM

Pertama yang perlu diperhatikan saat berkendara adalah memutar gas secara teratur, konstan, atau perlahan, jangan dihentak (betot) agar pengeluaran BBM terjaga, khususnya untuk motor matik.

Berusaha konstan jika ingin mencapai kecepatan tertentu, kemudian untuk motor transmisi manual seperti sport, bebek, atau naked perhatikan posisi gigi, dan bukaan gas ketika berkendara. 

Berita Terkait
hitlog-analytic