Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pemilik Motor Honda Wajib Tahu Jika Indikator Ini Hidup di Speedometer

Jenis kerusakan motor dari indikator di speedometer
Sumber :
DAM

100kpj – Motor Honda yang dipasarkan di Indonesia memiliki spesifikasi yang beragam, namun sebagian besar produk yang mereka jual saat ini sudah dilengkapi dengan pendingin mesin dalam bentuk cairan, alias radiator.

“Salah satu keunggulannya bisa mengetahui informasi kondisi sepeda motor kepada pemiliknya, seperti indikator suhur yang tedapat pada panel speedometer,” ujar Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, Ade Rohman dari keterangan resminya, dikutip, Jumat 20 Januari 2023.

Honda PCX 160 bermasalah, turun mesin piston macet

Untuk matik yang sudah dilengkapi radiator adalah Honda Vario 125, Vario 160, PCX 160, ADV 160, dan Forza 250. Sistem pendingin mesin tersebut juga bisa bermasalah karena disebabkan oleh beberapa faktor.

Jika indikator suhu mesin hidup di panel instrumen, atau speedometer maka mendandakan panas mesin sudah melewati batas ideal, atau overheat. Pemilik perlu melakukan beberapa hal agar suhu mesin bisa kembali normal.

Hal terburuk jika dibiarkan panas, komponen bagian dalam mesin seperti silinder, piston, stang piston akan rusak. Kalau sampai terjadi maka harus turun mesin untuk memperbaikinya dengan biaya yang tidak murah.

Ada beberapa penyebab indikator mesin hidup, hingga menghasilkan panas berlebih. Pertama karena cairan pendingin habis, atau kurang, Maka tidak ada cairan untuk menjaga suhu kerja mesin dalam kondisi ideal.

Berita Terkait
hitlog-analytic