Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Malas, Ini Efek Buruknya Punya Mobil Warna Putih

Suzuki Ertiga Hybrid di GIIAS 2022
Sumber :

100kpj - Mengikuti perkembangan zaman, dan perubahan selera konsumen setiap pabrikan mobil saat ini lebih berani menawarkan warna terang. Salah satu yang menjadi primadona adalah putih karena dinilai lebih elegan.

Biasanya beberapa merek menawarkan warna putih dengan dua pilihan, yakni white solid dan white pearl. Sudah sewajarnya setiap warna memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk warna putih masalah yang kerap dijumpai adalah mudah kotor.

Mobil dengan kelir putih umumnya akan menguning jika tidak dirawat secara benar. Bahkan noda-noda bekas cipratan air kotor, atau aspal lebih mudah menempel di warna putih.

Pemilik Tomi Air Brush, Tomi Gunawan mengatakan, banyak kasus yang membuat mobil putih menjadi kekuningan karena kualitas pernis atau lapisan cat yang berbeda-beda. Namun hal utama yang membuat perubahan warna itu karena kotoran dibiarkan.

"Banyak kok kasus mobil yang tahun keluarannya sama, lalu sama-sama warna putih, tapi ada yang sudah kuning duluan dan ada yang belum. Sebenarnya semua balik lagi ke sistem perawatan, lebih baik kalau sudah dirasa kotor lebih baik dicuci agar kotoran tidak melekat yang lama kelamaan mengubah warna aslinya," ujar Tomi dikutip, Selasa 10 Januari 2023.

Sementara terkait perawatan, melansir situs resmi Suzuki Indonesia, tercatat ada beberapa cara untuk menjaga bodi mobil tetap kinclong, dan bersih meski warnanya putih.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah segera mencuci mobil jika diguyur air hujan. Karena kandungan air hujan berbeda dengan air dari bawah tanah. Jangan birkan air hujan atau lumpur menempel dan mengering pada permukan bodi, sebab bisa menimbulkan bercak yang akan sulit dibersihkan.

Berita Terkait
hitlog-analytic