Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Fungsi dan Cara Merawat Sensor Kamera Mobil yang Wajib Diketahui

Kamera parkir
Sumber :

100kpj – Fitur mobil terkini selalu disediakan sensor parkir mobil, yang bakal memudahkan para pengendara. Selain itu, kamera tersebut juga menunjang keamanan dan keselamatan.

Sensor parkir sendiri dilengkapi dengan komponen kamera infrared dan sensor gelombang ultrasonik. Fungsi sensor inilah yang nantinya akan menangkap objek paling dekat dan memberi sinyal bunyi lewat monitor LCD pada head unit mobil.

Mengingat rangkaian elektronik yang berukuran kecil, sehingga sensor parkir perlu mendapat perawatan agar tak alami kerusakan. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar kondisi sensor parkir mobil tetap terjaga, dilansir dari Suzuki Indonesia, Senin 9 Januari 2023.

Bersihkan Dari Kotoran

Komponen sensor parkir sangat sensitif terhadap benda-benda asing. Agar kinerjanya tetap optimal, pastikan seluruh bagiannya bersih dari kotoran. Membersihkan komponen sensor parkir adalah perawatan paling sederhana yang bisa Anda lakukan.

Pastikan seluruh komponen pada sensor parkir tidak tertutup debu atau kotoran yang menempel. Bersihkan sensor parkir dengan air dengan hati-hati agar tidak terjadi arus pendek yang mengganggu kerja kamera dan sensor.

Periksa Sistem Kelistrikannya

Berita Terkait
hitlog-analytic